Selasa, 15 Februari 2011

RPP Materi Massa Jenis Benda

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP Negeri 1 Nanggung
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII/1


STANDAR KOMPETENSI
3.Memahami wujud zat dan perubahannya

KOMPETENSI DASAR
3.2. Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
1. Menyimpulkan dari percobaan bahwa massa jenis merupakan salah satu ciri khas suatu zat.
2.Mendeskripsikan penggunaan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A.Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.Melakukan percobaan massa jenis berbagai zat
2.Menyimpulkan hasil percobaan tentang massa jenis
3.Menyebutkan penggunaan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran:
* Massa Jenis

C. Model dan Metode Pembelajaran
*Model Pembelajaran : Kooperatif Learning
*Metode : Eksperimen, diskusi

D.Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan: (10 menit)
a. Prasyarat : Memahami wujud zat ,sifat-sifatnya dan perubahannya
b. Motivasi : coba kamu perhatikan,satu karung beras dengan satu karung kapas berat mana?, mengapa?
Sekarang coba kamu bayangkan 5 kgf besi dengan 5 kgf beras besar mana volumenya?, mengapa?
c. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

2. Kegiatan Inti:

a. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 orang.
b. Guru membagikan LKS dan memberikan petunjuk cara pengisiannya. (10 menit)
c. Guru mengingatkan cara mengukur massa dan volume benda (5 menit)
d. Siswa melakukan percobaan tentang massa jenis secara kelompok
e. Siswa mengamati, melakukan pengukuran,menghitung dan menuliskan datanya dalam LKS (25 menit)
f. Masing-masing kelompok menempelkan data hasil percobaannya dan mempresentasikannya. (10 menit)
g. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan : (5 menit)
Massa jenis merupakan cirri khas dari suatu benda (zat)
Massa jenis adalah massa zat dibagi volumenya.





3.Penutup (15 menit)
a. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya baik.
b. Melaksanakan tes individu
c. Siswa diberi PR (Latihan Soal menghitung massa jenis benda)

E. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
* Alat dan bahan :
~ Neraca Ohauss
~ Mistar
~ Kubus (set)
* Sumber Belajar
~ Buku pegangan siswa
~ LKS

F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
~ Tes tertulis ~ Tes Unjuk kerja 2. Bentuk Instrumen
~ Tes Uraian
~ Tes Uji petik kerja prosedur
3. Instrumen


Uraian:

1. Perhatikan Tabel dibawah ini!
No Massa Volume Massa Jenis
1. 20 kg 2 m³ 0,1 kg/m³
2. 30 kg 5 m³ 6 kg/m³
3. 40 kg 6 cm³ 240 kg/m³
4. 50 kg 100cm³ 2 kg/m³

Nomor berapakah yang menyatakan massa jenis yang benar?

2. Sebuah besi setelah diukur massanya 500 gram, dan volumenya 8 cm³.Berapakah massa jenis besi tersebut?

3. Mengapa sepiring nasi dengan sepiring pasir beratnya berbeda? Jelaskan!

Kunci Jawaban:
1. Yang benar no.2 (score 2)

2. Diketahui : m= 500 gr
V= 8 cm³
Ditanyakan: ρ ?
(score 5)
m 500 gr
Jawab: ρ = = = 62,5 gr/cm³
V 8 cm³

3.Sepiring nasi dengan sepiring pasir volumenya sama,tapi massanya berbeda sehingga massa jenis kedua zat tersebut berbeda.Jadi berat kedua benda itu berbeda. (score 3)








Pedoman Penilaian :

Score yang diperoleh
Nilai = x 100
Score maximal




Uji petik kerja prosedur dan Produk :
Lakukan kegiatan untuk menentukan massa jenis beberapa zat.
Rubrik
No Aspek Skor
1
2
3
4
5 Mengkalibrasi alat ukur dengan benar
Melakukan kegiatan dengan langkah-langkah sesuai prosedur
Memperoleh data dari percobaan
Memperoleh nilai massa jenis yang benar
Membuat kesimpulan dengan benar 2
2
2
2
2
Jumlah Skor 10


Pedoman Penilaian:
Score yang diperoleh
Nilai = x 100
Score maximal




Mengetahui Nanggung, Agustus 2009

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran




Hj. Nurmiyati, S.Pd Ishak Prihatna, S.Pd
NIP. 195202051977032001 NIP.196310091984031004
















LEMBAR KERJA SISWA

Tujuan : Mengukur massa jenis berbagai zat

Alat dan Bahan:
Neraca O’hauss
Kubus materi berupa kayu, aluminium, besi, tembaga, kuningan dan timah (masing-masing volumenya sama)

Langkah kerja:
1. Timbang berturut-turut kayu, aluminium, besi, tembaga dan kuningan dengan neraca O’hauss
2. Catat dan masukkan hasil pengukuranmu kedalam tabel.

Tabel Hasil Pengamatan
No. Benda (zat) Massa Volume Massa/Volume
1. Kayu
2. Aluminium
3. Besi
4. Tembaga
5. Kuningan
6. Timah

3. Dari data pengukuran yang kamu peroleh, samakah massa setiap kubus benda tersebut?

4. Apa kesimpulanmu?




















Tanggal : .............................................
Kelompok : .............................................
Anggota : .............................................
...............................................
...............................................
...............................................
...............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar