Rabu, 10 Agustus 2011

Sistem reproduksi manusia (materi kls IX smp)

SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA
Reproduksi merupakan proses terbentuknya individu baru. Reproduksi bertujuan untuk melestarikan spesies agar tidak punah. Reproduksi pada manusia tergolong reproduksi seksual (generatif) dan tergolong vivifar dengan fertilisasi internal. Ditinjau dari jenis kelaminnya, manusia dapat dibedakan menjadi pria dan wanita dengan organ reproduksi yang berbeda.
1. Organ Reproduksi Pria
a. Testis, berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormon testosteron. Testis terdiri atas 2 buah dan tersimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum.
b. Vas defferens, merupakan saluran yang menghubungkan testis dengan kantong sperma (seminal vesikel). Vas defferens berjumlah sepasang. Bagian ujungnya terletak didalam kelenjar prostat.
c. Kantong sperma (seminal vesikel), berfungsi untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh seorang pria.
d. Penis. Didalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran urine dan saluran sperma.

2. Organ Reproduksi Wanita
a. Ovarium, berfungsi menghasilkan sel telur (ovum) serta menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Ovarium terdiri dari 2 buah, terletak di rongga perut tepatnya didaerah kiri dan kanan. Sel telur yang telah masak akan lepas dari ovarium (ovulasi).
b. Oviduk (tuba fallopi), berfungsi menggerakkan ovum kearah rahim dengan gerakan peristaltik. Ujung nya berbentuk corong berjumbai-jumbai (frimbrae). Frimbae berfungsi untuk menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. Pembuahan sel telur oleh sperma terjadi pada oviduk, selanjutnya ovum yang telah dibuahi bergerak ke rahim (uterus).
c. Uterus (Rahim), merupakan tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio hingga dilahirkan. Rahim manusia bertipe simpleks, artinya hanya mempunyai satu ruangan. Rahim bagian bawah mengecil dan dinamakan serviks uteri ( leher rahim), sedangkan rahim bagian yang membesar disebut corpus uteri (badan rahim). Dinding rahim terdiri atas tiga lapisan yaitu perimetrium, miometrium dan endometrium. Endometrium menghasilkan banyak pembuluh darah. Lapisan inilah yang mengalami penebalan dan akan mengelupas setiap bulannya, jika tidak ada zigot yang menempel.
d. Vagina, berfungsi sebagai organ persetubuhan dan untuk melahirkan bayi. Organ tersebut mempunyai banyak lipatan sehingga pada saat melahirkan dapat mengembang. Dalam vagina terdapat lendir yang dihasilkan oleh dinding vagina dan oleh suatu kelenjar yaitu kelenjar bartholini.

Gbr. Organ reproduksi laki-laki Gbr. Organ reproduksi wanita
• Proses reproduksi pada manusia
Organ reproduksi pria menghasilkan spermatozoa melalui proses spermatogenesis. Organ reproduksi wanita menghasilkan ovum melalui proses oogenesis. Jika ovum didalam ovarium telah masak maka ovum akan keluar dari ovarium menuju uterus melalui tuba paloffi. Jika sperma bertemu dengan ovum akan terjadi pembuahan (terbentuk zigot) dan kemudian menempel didinding uterus yang telah menebal. Zigot yang berada didinding rahim ( uterus )akan terus tumbuh dan berkembang menjadi embrio sampai dilahirkan. Didalam uterus embrio mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta (ari-ari). Embrio didalam uterus dilindungi selaput pembungkus yaitu:
a. Amnion, merupakan selaput yang membatasi ruangan tempat terdapatnya embrio. Dinding amnion mengeluarkan getah berupa air ketuban yang berguna untuk menjaga embrio agar tetap basah dan menahan goncangan.
b. Korion, merupakan suatu selaput yang berada disebelah luar amnion. Amnion dan alantois akan tumbuh membentok jonjot pembuluh darah yang berhubungan dengan peredaran darah induknya melalui plasenta.
c. Sakus vitellinus, merupakan pemunculan sel-sel dan pembuluh darah yang pertama terletak diantara amnion dan plasenta.
d. Alantois, berfungsi untuk respirasi, saluran makanan, dan ekskresi. Alantois terletak didalam tali pusat.
Jika setelah ovulasi sel telur (ovum) tidak dibuahi sel sperma, jaringan dinding rahim yang telah menebal dan mengandung pembuluh darah akan rusak dan luruh, kemudian sel telur itu akan busuk dan keluar bersama darah melalui vagina yang disebut menstruasi.
• Kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi
Kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi dapat diakibatkan oleh bakteri atau virus melalui hubungan sexual atau jarum suntik. Kelainan atau penyakit itu diantaranya;
a. Sifilis, yaitu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Tanda-tanda sifilis antara lain terjadi luka disekitar alat kelamin, rektum, lidah dan bibir, pembengkakkan getah bening pada bagian paha, bercak-bercak diseluruh tubuh, tulang dan sendi terasa nyeri. Penyakit ini dapat diobati dengan penggunaan antibiotik secara cepat dan tepat.
b. Gonore (kencing nanah), yaitu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Tanda-tanda gonore antara lain keluar cairan seperti nanah dari saluran kelamin, rasa panas dan sering kencing, rasa nyeri pada persendian dan dapat menyebabkan kemandulan. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan penggunaan anti biotik secara cepat dan tepat.
c. Herpes Genetalis, Penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus. Tanda-tandanya herpes genetalis antara lain timbulnya rasa gatal atau sakit disekitar alat kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair didaerah kelamin. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan vaksin yang cepat dan tepat.
d. AIDS (Aquired Immuno Deficiency Syndrom), merupakan kumpulan gejala penyakit karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus). Penyakit ini belum ada obatnya ( vaksin), sehingga sampai saat ini belum dapat disembuhkan.
TTS
Carilah 22 konsep pada kolom dibawah ini secara mendatar atau menurun!
T E S T I S U H E R P E S G E N E T A L I S
U W D S T E H S G N L B A J X Z V N I K F L
B E A P Y M E N S T R U A S I O P K D N B E
A S P E N I S H K V C K D B E J K N S S A T
P X V R X N H A U K R B E O L U S B N F W E
A C C M G A Z X V U O V U L A S I A H Y B I
L S Q A S L V A Z T V L E R R H F O F Z A U
O C V T R V A G I N A H T U F H I V E X S Y
F C Q O T E S A G R R K J J S J L U W C D T
F V H Z Y S D E O F I P K I A K I M R V F R
I B L O H I E G T K U T E R U S S Q T B G E
S N M A U K F H O K M E I P E O P E Y N H W
F M H W J E F B G O N O R E F N M T U M J Q
Y D I O K L E T J R N A L A N T O I S L K S
U U E R M R R E F I L G L N T B C V I K L D
H I F G B T E I B O A Q S M W V B N O H P V
S K U H A M N I O N E Z P X Q D A O P J OI H
Q L E N I H S A K U S V I T E L L I N U S I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar