Selasa, 08 Maret 2011

RPP dan LKS klasifikasi makhluk hidup dan organisasi kehidupan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMPN 1 Nanggung
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X 40 menit

A. Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

B. Kompetensi Dasar : 6.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri
Yang dimilikinya

C. Indikator : 6.2.3 Mengklasifikasi beberapa makhluk hidup berdasarkan ciri yang diamati
6.2.4 Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom

D. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:

1. Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup berdasarkan ciri- ciri yang diamati
2. Menyebutkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
3. Menyebutkan beberapa contoh makhluk hidup yang termasuk pada tiap-tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom.

E. Materi Pembelajaran : Klasifikasi makhluk hidup

F. Model dan Metode : Model Number Head Together
Pembelajaran Metode
- Diskusi kelompok


G. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
Apa yang dijadikan dasar klasifikasi makhluk hidup?

• Motivasi
Ada berapa kelompok makhluk hidup yang kalian ketahui?Coba sebutkan!

* Menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti
 Siswa dibentuk menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang perkelompok
 Guru membagikan LKS dan menjelaskan cara pengerjaannya
 Siswa melakukan pengisian lembar kerja dan mendiskusikannya
 Guru memanggil salah satu nomor dan masing-masing siswa pada tiap kelompok yang memiliki nomor sama mengacungkan tangan dan mempersiapkan jawaban
 Guru memberikan penguatan konsep pada hasil jawaban siswa
 Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang kinerjanya terbaik

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
 melakukan penilaian
 memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya.

H. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SMP Kelas VII Wasis
b. LKS
c. Kartu Binatang dan Tumbuhan

I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
• Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
• Tes Pilihan Ganda

3. Instrumen

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Pengelompokkan tumbuhan menjadi xerofit dan tumbuhan hidrofit berdasarkan.......................
a. lingkungan tempat hidup c. cara hidup
b. kegunaan d. kekerabatan

2. Untuk dapat menggunakan kunci determinasi, kita harus mengetahui ......................................
a. lingkungan hidup c. cara hidup
b. ciri bagian tubuh d. cara berkembang biak

3. Perhatikan gambar hewan dibawah ini!


(1) (2) (3) (4)

Diantara hewan-hewan tersebut yang paling dekat kekerabatannya adalah hewan nomor............................................................
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4

4. Ciri khas kingdom monera yaitu selnya bersifat .............................................................
a. prokariotik b.eukariotik c. multiseluler d. autropik

5. Salah satu ciri khas dari kingdom jamur (fungi) yaitu...................................................
a. mempunyai klorofil c. membuat makanan sendiri
b. tersusun atas benang-benang hifa d. berkembang biak dengan tunas

6. Mempunyai klorofil, eukariotik, selnya berdinding dari selulosa. Hal tersebut merupakan ciri dari kingdom...................................................
a. Monera b. Protista c. Plantae d. animal

7. Makhluk hidup yang termasuk pada kingdom protista yaitu........................................
a. Bakteri dan Ganggang Hijau-Biru c. Atracheophyta dan Tracheophyta
b. Mollusca dan Reptilia d. Protozoa dan Alga

8. Jamur yang digunakan untuk membuat tempe dari kedelai yaitu................................
a. Rhizobium radicicola c. Rhizopus stolonifer
b. Saccharomyces cerevisiae d. Volvariella volvacea

9. Berdasarkan alat perkembang biakannya, tumbuhan berpembuluh dapat dikelompokkan menjadi...............................................
a. Tumbuhan lumut dan paku c. Tumbuhan paku dan berbiji
b. Tumbuhan lumut dan berbiji d. Tumbuhan paku dan jamur
10. Kadal dan buaya termasuk hewan bertulang belakang dan termasuk kelas................
a. pisces b. ampibia c. reptilia d. mamalia

* Kunci Jawaban:
1. A
2. B
3. D
4. A
5. B
6. C
7. D
8. C
9. B
10. C

• Pedoman Penilaian:

Score diperoleh
Nilai = x 100
Score maximal


Mengetahui, Nanggung, Pebruari 2011
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran




Hj.Nurmiyati,S.Pd Ishak Prihatna, S.Pd
NIP. 195202051977032001 NIP.196310091984031004
LEMBAR KERJA SISWA
Tujuan : Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.

Diskusi:
A. Baca dan pelajari buku paket IPA hal 202 s.d 203, kemudian isi tabel dibawah ini dengan mengidentifikasi gambar hewan yang tersedia dengan menggunakan kunci determinasi.


(1) (2) (3)


(4) (5) (6)


(7) (8) (9)






(10)

Tabel Hasil Determinasi
No Nama Hewan Nomor Kunci
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Manakah hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat atau hewan-hewan yang berada dalam satu kelas?..................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
B. Baca dan pelajari buku paket IPA hal 195 s.d 201, kemudian diskusikan pernyataan dan pertanyaan dibawah ini!
1. Ciri khas kingdom monera yaitu selnya tidak memiliki membran inti sehingga disebut..........................................................
2. Kingdom monera meliputi berbagai jenis ................................................... dan .......................................................................
3. Ciri khas kingdom protista yaitu selnya diselubungi membran dan memiliki inti sel sehingga disebut .................................................
4. Makhluk hidup yang termasuk kingdom protista yaitu ................................ dan .....................................................
5. Ciri khas kingdom fungi (jamur) diantaranya:
~ .......................................................................
~........................................................................
~........................................................................
~........................................................................
~........................................................................
~........................................................................
6. Jamur yang digunakan untuk membuat tempe dari kedelai yaitu........................
Sedangkan jamur yang enak dimakan dan dikenal dengan sebutan jamur merang yaitu .......................................................
7. Ciri khas kingdom plantae diantaranya:
~..........................................................................................
~..........................................................................................
~..........................................................................................
~..........................................................................................
~..........................................................................................
8. Plantae dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu Atracheophyta dan Tracheophyta. Tracheophyta atau tumbuhan berpembuluh dikelompokkan menjadi ........................................................ dan .............................................
9. Ciri khas kingdom animalia diantaranya:
~..............................................................................
~..............................................................................
~..............................................................................
~..............................................................................
10. Kingdom animalia dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu Avertebrata dan Vertebrata. Vertebrata atau hewan bertulang belakang dibagi menjadi 5 (lima) kelas yaitu: (1)........................................... (2)..................................................... (3)........................................ (4)...................................... (5)................................

Kelompok.....................................................
Nama Anggota :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
......................................................................
......................................................................
Tes Akhir Pembelajaran

Pilihlah jawaban yang paling tepat! Nama Siswa:...............................................................
1. Pengelompokkan tumbuhan menjadi xerofit dan tumbuhan hidrofit berdasarkan.......................
a. lingkungan tempat hidup c. cara hidup
b. kegunaan d. kekerabatan

2. Untuk dapat menggunakan kunci determinasi, kita harus mengetahui ......................................
a. lingkungan hidup c. cara hidup
b. ciri bagian tubuh d. cara berkembang biak

3. Perhatikan gambar hewan dibawah ini!


(1) (2) (3) (4)

Diantara hewan-hewan tersebut yang paling dekat kekerabatannya adalah hewan nomor............................................................
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4

4. Ciri khas kingdom monera yaitu selnya bersifat .............................................................
a. prokariotik b.eukariotik c. multiseluler d. autropik

5. Salah satu ciri khas dari kingdom jamur (fungi) yaitu...................................................
a. mempunyai klorofil c. membuat makanan sendiri
b. tersusun atas benang-benang hifa d. berkembang biak dengan tunas

6. Mempunyai klorofil, eukariotik, selnya berdinding dari selulosa. Hal tersebut merupakan ciri dari kingdom...................................................
a. Monera b. Protista c. Plantae d. animal

7. Makhluk hidup yang termasuk pada kingdom protista yaitu........................................
a. Bakteri dan Ganggang Hijau-Biru c. Atracheophyta dan Tracheophyta
b. Mollusca dan Reptilia d. Protozoa dan Alga

8. Jamur yang digunakan untuk membuat tempe dari kedelai yaitu................................
a . Rhizobium radicicola c. Rhizopus stolonifer
b. Saccharomyces cerevisiae d. Volvariella volvacea

9. Berdasarkan alat perkembang biakannya, tumbuhan berpembuluh dapat dikelompokkan menjadi...............................................
a. Tumbuhan lumut dan paku c. Tumbuhan paku dan berbiji
b. Tumbuhan lumut dan berbiji d. Tumbuhan paku dan jamur

10. Kadal dan buaya termasuk hewan bertulang belakang dan termasuk kelas................
a. pisces b. ampibia c. reptilia d. mamalia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMPN 1 Nanggung
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X 40 menit

A. Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

B. Kompetensi Dasar : 6.3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

C. Indikator : 6.3.1. Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan gambar sel.

D. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menyebutkan urutan organisasi kehidupan pada tubuh makhluk hidup
2. Menunjukkan bagian-bagian dari sel
3. Menyebutkan beberapa perbedaan bagian-bagian pada sel hewan dan sel tumbuhan
4. Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian sel

E. Materi Pembelajaran : Organisasi Kehidupan

F. Model dan Metode : Model Number Head Together
Pembelajaran Metode
- Pengamatan
- Diskusi kelompok


G. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi
Sebutkan sistem 5 kingdom yang telah kamu pelajari!

• Motivasi
Pernahkah kalian mendengar kata sel? Apa yang dimaksud dengan sel pada makhluk hidup?

* Menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti
 Siswa dibentuk menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang perkelompok
 Guru membagikan LKS dan menjelaskan cara pengerjaannya
 Siswa melakukan pengamatan gambar sel hewan dan tumbuhan
 Siswa melakukan pengisian lembar kerja dan mendiskusikannya
 Guru memanggil salah satu nomor dan masing-masing siswa pada tiap kelompok yang memiliki nomor sama mengacungkan tangan dan mempersiapkan jawaban
 Guru memberikan penguatan konsep pada hasil jawaban siswa
 Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang kinerjanya terbaik

c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
 melakukan penilaian
 memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya.

H. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SMP Kelas VII Wasis dan Sugeng Yuli Irianto
b. Buku IPA yang relevan
c. LKS

I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
*Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
*Tes isian
*Tes Pilihan Ganda

3. Instrumen

A. Isilah titik-titik pada gambar sel dibawah ini!















B. Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Urutan organisasi kehidupan pada tubuh makhluk hidup dari yang terendah sampai
tertinggi ialah...........................................
a. Sel-organ-jaringan-sistem organ- tubuh
b. Tubuh-organ-sistem organ-sel-jaringan
c. Sel-jaringan-organ-sistem organ-tubuh
d. Tubuh-sistem organ-sel-organ-jaringan

2. Bagian dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan yaitu........................
a. Sitoplasma dan lisosome c. vakuola dan ribosom
b. Dinding sel dan kloroplas d. membran sel dan badan golgi

3. Bagian dari sel yang berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel untuk menghasilkan energi yaitu...........................................
a. vakuola b. lisosom c. ribosom d. mitokondria

4. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Kata sel berasal dari bahasa latin celluler yang berarti bilik besar
2. Protoplasma dibedakan atas nukleoplasma dan sitoplasma
3. Vakuola pada tumbuhan ukurannya besar,sedangkan pada hewan kecil
4. Badan golgi berfungsi untuk fotosintesis
Dari pernyataan diatas yang benar adalah..................................................
a. 1 dan 2 b. 1 dan 4 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4

5. Organela yang mengandung pigmen warna tertentu, biasanya hanya terdapat pada sel tumbuhan adalah.....................................
a. plastida b. ribosom c. lisosom d. vakuola

* Kunci Jawaban: score 1
A. 1. Nucleus (inti sel)
2. Lisosome
3. Dinding sel
4. Vakuola
5. Kloroplas
B. 1. C
2. B
3. D
4. C
5. A

• Pedoman Penilaian:

Score diperoleh
Nilai = x 100
Score maximal


Mengetahui, Nanggung, Pebruari 2011
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran




Hj.Nurmiyati,S.Pd Ishak Prihatna, S.Pd
NIP. 195202051977032001 NIP.196310091984031004



LEMBAR KERJA SISWA

Tujuan: Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan pengamatan gambar sel.

a. Pengamatan
Amati gambar sel hewan dan sel tumbuhan dibawah ini, kemudian berikan nama bagian-bagian dari sel nya.
Gambar. Sel Hewan


Gambar . Sel Tumbuhan


b. Diskusi
1. Dari hasil pengamatan kalian, sebutkan beberapa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan:
a. Sel hewan memiliki...........................................,sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki ........................................................
b. Sel hewan tidak memiliki...........................................,sedangkan sel tumbuhan memiliki.........................................................
c. Sel hewan tidak memiliki...........................................,sedangkan sel tumbuhan memiliki.........................................................
d. Bentuk vakuola pada sel hewan.........................................., sedangkan pada sel tumbuhan .....................................................
2. Setiap sel tersusun atas:
a....................................................................
b. .................................................................
c. .................................................................
3. Protoplasma dibedakan atas ...........................................dan.......................................
4. Bagian dari sel yang berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel untuk menghasilkan energi yaitu ..............................................
5. Retikulum endoplasma berfungsi menyusun dan menyalurkan zat-zat kebagian-bagian sel. Retikulum endoplasma dibedakan menjadi .............................................. dan ..................................................
6. Pada retikulum endoplasma ada yang ditempeli ribosom. Fungsi ribosom yaitu ....................................................................................................................................
7. Organela sel yang mengandung pigmen warna tertentu dan biasanya hanya ada pada sel tumbuhan yaitu ...............................................Dia mempunyai klorofil yang disebut kloroplas dan fungsinya untuk ........................................................
8. Bagian dari sel yang berfungsi sebagai alat sekresi protein pada lendir yaitu...........................................................
9. Lisosom berfungsi untuk mencerna ................................................................ atau zat-zat asing yang masuk dalam sel karena organela ini berisi .........................................................




Nama Kelompok ......................................................
Anggota ..........................................................
...........................................................
...........................................................
...........................................................
...........................................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar